Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu Ansyar Sutiadi didamping Kepala BP PAUD dan Dikmas Sulteng Arman Agung dan Ketua DPD FPLKP Sulteng Amrin Lamatolo usai pembukaan bersama program PKW tahun 2019, Kamis (8/8/2019) pagi

Palu,mediasulawesi.com- Sebanyak 120 peserta didik dari sejumlah keterampilan mengikuti program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2019 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamis (8/8/2019) pagi. Program PKW tersebut dibuka secara resmi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu Ansyar Sutiadi. Turut hadir Kepala BP PAUD dan Dikmas Sulteng, Arman Agung, Ketua DPD Forum PLKP Sulteng, Amrin Lamatolo dan Ketua DPC FPLKP Kota Palu, Kalsum Tobias.

Ketua Panitia Pelaksana Hj Hasnapati dalam laporannya menyampaikan 140 peserta didik yang ikut dalam pembukaan bersama di LKP Andini Jalan Mentimun  ini berasal dari empat lembaga kursus pelatihan yakni LKP Andini, LKP Sukma Salon, LKP Megi Salon dan LKP Arshita dengan jenis keterampilan tata kecantikan rambut, tata kecantikan kulit dan jurusan menjahit. Program tersebut berlangsung selama kurang lebih tiga bulan.

Ketua DPC Forum PLKP Kota Palu Kalsum Tobias menyampaikan kepada peserta didik agar betul-betul mengikuti program pelatihan dengan baik dan serius agar nantinya mendapatkan keterampilan dan keahlian yang memadai. Menurutnya, keterampilan yang dimiliki dari hasil kegiatan ini akan menjadi modal berharga ketika ingin membuka lapangan kerja ataupun mencari pekerjaan. ‘’Kita harapkan semua peserta didik mengikuti seluruh materi dan kegiatan pelatihan dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal,’’pesan pimpinan LKP Aqvir tersebut.

Sedangkan Kepala BP PAUD dan Dikmas Sulteng Arman Agung menekankan kalau program PKW merupakan bentuk kepedulian pemerintah melalui Kementerian Diknas dalam meningkatkan keterampilan dan keahlian kepada masyarakat agar bisa mandiri atau berwirausaha. Program ini, kata Arman berjalan setiap tahun dan bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran yang setiap tahunnya terus bertambah . ‘’Lewat program ini tentunya diharapkan membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran khususnya di daerah ini,’’tandasnya.

Sementera itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu Ansyar Sutiadi dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengingatkan peserta didik untuk sungguh-sungguh mengikuti pelatihan dengan baik agar bisa mendapatkan keahlian sesuai jenis keterampilan yang diikuti. Menurut Kadis, pemerintah saat ini terus berupaya membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan pekerjaan ataupun lapangan kerja melalui wirausaha apalagi pasca dilanda bencana gempa bumi. ‘’Jadi ini bagian dari upaya pemerintah kita dalam membantu masyarakat agar bisa mandiri. Untuk itu, kita harapkan peserta pelatihan mengikuti program ini dengan sungguh-sungguh,’’tegasnya.(SAM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here