Batia Sisilia Hajar

Banggai,mediasulawesi.com-Ketua Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten Banggai menyatakan salah satu fokus perjuangan kebijakan anggaran di APBD Banggai ke depan adalah gender budgeting. 

“Kita ingin anggaran pembangunan, belanja modal lebih sensitif pada perempuan dan anak. Sebagai bentuk dukungan pada kebijakan menuju sumber daya unggul Presiden Joko Widodo,” kata Batia Sisilia Hajar, Ketua DPD NasDem Banggai, ditemui di Kantor DPW NasDem Sulteng. 

Menurut Batia, fokus anggaran Kabupaten Banggai selama ini tidak memiliki arah sentuhan prioritas utama yang menjadi pembangunan sumber daya manusia. 

Olehnya kata dia, Fraksi NasDem ke depan akan lebih fokus pada pemenuhan anggaran yang sensitif bagi kepentingan perempuan dan anak. 

“Ibu dan anak, itu bukan sekedar slogan. Tapi itu menggambarkan struktur sosial kita. Kalau Ibu dan anak tidak terpenuhi kebutuhannya secara wajar, maka mustahil menghasilkan generasi yang unggul,” pungkas Batia. 

Batia telah memerintahkan pada seluruh anggota DPRD NasDem terpilih agar semua proses pembentukan anggaran di semua sektor. Harus menjadi pemenuhan kebutuhan  perempuan dan anak, kata dia, sebagai fokus perjuangan. 

Batia menekankan, bahwa promosi gender budgeting yang didorong NasDem, tidak hanya pada aspek belanja infrastruktur. Kita berharap, pemenuhan hak perempuan dan anak melintasi sektor pemberdayaan.

“Salah satu kegagalan proyek menjadikan perempuan dan anak sebagai dasar pembangunan sumber daya manusia karena ruangnya di batasi dalam kerangka pemberdayaan. Padahal harusnya dia merupakan inklusi batang tubuh APBD,” tegasnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here