Mochamad Husni, praktisi komunikasi saat menjadi narasumber di depan mahasiswa Komunikasi Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Rabu (21/8) (ist)

Palu,mediasulawesi.com-Era mendatang, bidang komunikasi menjadi pilihan yang karir yang tepat dan banyak dibutuhkan. “Kita perlu penyebaran informasi yang masif, terutama yang positif dan bisa menginspirasi banyak orang,” kata Mochamad Husni, praktisi komunikasi saat menjadi narasumber di depan mahasiswa Komunikasi Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Rabu (21/8).

Kebutuhan itu makin mendesak, menurutnya, ketika masyarakat memasuki era paska kebenaran. Perlu visi dan tekad kuat agar masyarakat termotivasi untuk tumbuh maju berkembang berkat informasi-informasi yang positif, menyatukan potensi dan punya spirit membangun ke arah kemajuan.”Beruntunglah teman-teman kuliah dan berminat dengan dunia komunikasi,” lanjutnya. Menurutnya, disiplin ini terus berkembang dan makin signifikan.

Mantan wartawan Forum Keadilan yang kini bekerja sebagai Public Relations di PT Astra Agro Lestari Tbk ini, menyarankan agar para mahasiswa sejak sekarang fokus dan mempersiapkan diri untuk berkarir di bidang komunikasi selepas lulus bangku kuliah.

Ada tiga tips yang ia sarankan. Pertama adalah memperdalam dan memperkaya ilmu. Penguasaan skill berkomunikasi maupun materi yang akan dikomunikasikan menjadi keharusan. Tidak hanya ilmu dunia, tapi juga ilmu agama supaya dapat memposisikan pekerjaan dalam rangka hubungan antara manusia dan Tuhan. “Karena kerja, bagi saya, merupakan ibadah,” katanya.

Kedua adalah personalitas. Harus percaya diri, tidak sombong, berpikiran terbuka dan gemar dengan sesuatu yang baru.Yang tidak kalah penting, menurutnya, bekerja di manapun, apalagi di bidang komunikasi, sangat penting mempunyai jaringan. Maka, sejak masa kuliah, ia menyarankan para mahasiswa aktif berorganisasi. “Berteman sebanyak mungkin, itu sangat penting,” katanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here