Pemberian ATK kepada perwakilan peserta didik program PKK dan PKW tahun 2019 oleh Kasubag Tata Usaha BP PAUD Dikmas Sulteng, Seniwati, Senin (26/8/2019) pagi.(syamsuddin)

Palu,mediasulawesi.com-Sebanyak 200 peserta didik mengikuti pembukaan bersama program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) di Aula Madrasah AliaH Negeri 2 Palu, Senin (26/8/2019) pagi. Ratusan peserta tersebut berasal dari 16 Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dengan berbagai jenis keterampilan dan berada dalam wadah Forum Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (FPLKP) Kota Palu.

Ketua Panitia Kegiatan, Hannisa S.Pt,MP dalam laporannya menyampaikan sebanyak 200 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari kejuruan tata busana, merangkai bunga, tata kecantikan kulit, rambut, komputer dan mengemudi mobil. Program PKK dan PKW ini,sebutnya merupakan bantuan dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud Republik Indonesia untuk tahun anggaran 2019.

Ketua DPC Forum PLKP Kota Palu, Kalsum Tobias menyampaikan kegiatan pembukaan bersama menjadi bagian awal dari proses pelaksanaan program PKK maupun PKW. Kalsum berharap para peserta bisa mendapatkan ilmu dan keterampilan di tempat kursus masing-masing selama kurang lebih tiga bulan. Tentunya dengan bersungguh-sungguh mengikuti program tersebut hingga tuntas.

Sedangkan Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Sulawesi Tengah yang diwakili Kepala Bagian Tata Usaha,Seniwati dalam sambutannya mengatakan program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) diharapkan dapat menghasilkan lulusan kompeten di bidang keterampilan sesuai kebutuhan DUDI sehingga dapat memanfaatkan secara optimal peluang kerja yang terbuka dalam memasuki era revolusi industri 4.0. Sedangkan untuk program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) peserta didik dibekali pengetahuan, keterampilan dan sikap mental wirausaha dalam mengelola potensi dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal untuk berwirausaha.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu Ansyar Sutiadi dalam sambutannya sekaligus membuka pembukaan bersama itu menyampaikan program PKK dan PKW tersebut diharapkan bisa berjalan lancar sehingga menghasilkan peserta didik yang kompeten sesuai jenis keterampilan yang diikuti. Menurut Kadis, program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat karena bertujuan untuk menekan angka pengangguran yang setiap tahun terus bertambah. ‘’Ini bagian dari perhatian pemerintah dalam menekan angka pengangguran. Kita harapkan semua peserta didik nantinya betul-betul mendapatkan keahlian atau kompetensi agar mudah mendapatkan lapangan pekerjaan ataupun membuka lapangan kerja,’’pesannya.

Turut hadir Ketua DPD Forum PLKP Sulawesi Tengah Amrin Lamatolo, Penilai program PKK dan PKW, I Nengah Wandra serta sejumlah penilik(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here