Dosen FKIP Untad Dr.Pathuddin (paling kanan) saat memberikan pelatihan menyusun karya tulis ilmiah untuk Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) (FOTO: Ist)

Palu,mediasulawesi.com-Dosen Fakultas Keguruan dan  Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Tadulako (Untad), baru-baru ini melatih guru dan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palu  dalam menyusun karya tulis ilmiah menuju Olimpiade Penelitian siswa Indonesia.

Ketua tim  Dr. Pathuddin, S. Pd. M. Si. mengatakan, tugas pengabdian yang dilakukan di
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palu terlaksana atas dukungan dari dana DIPA Universitas Tadulako Tahun 2019.

Program pengabdian yang menyasar guru dan siswa MAN 1 itu kata Pathuddin selain membantu siswa  meningkatkan kompetensinya menuju Olimpiade tingkat Nasional   juga diharapkan  mampu  meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam menyusun karya tulis ilmiah.”iya benar,  tujuan dari program ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dan menyusun karya ilmiah, sehingga mereka mampu berkompetisi dalam olimpiade penelitian siswa Indonesia (OPSI),” katanya.

Ia melanjutkan, judul pengabdian dalam program pengabdian DIPA FKIP Untad tahun anggaran 2019 itu yakni,  Pelatihan KIR Siswa MAN 1 Kota Palu dalam Menyusun Karya Tulis ilmiah untuk  Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia.

Menurutnya, selama kegiatan pengabdian berlangsung, tim pengabdi telah  melakukan sejumlah kegiatan diantaranya, pelatihan atau workshop tentang  penulisan dan teknik penulisan karya ilmiah.  Pada tahap ini kata Pathuddin, tim  pengabdi bertindak sebagai pengajar dalam menyajikan materi dan contoh karya ilmiah yang lolos olimpiade penelitian Siswa Indonesia (OPSI).

Yang tak kalah penting, tim pengabdi tetap melakukan pendampingan. Setelah menerima materi seperti pada tahap pertama, peserta selanjutnya akan bekerja dan belajar secara kelompok membuat poin-poin  penting suatu karya ilmiah.”judul diharapkan berasal  dari  ide-ide siswa setelah dilakukan pelatihan pada mereka,” kata Pathuddin pada media ini, Selasa,  (7/9).

Program pengabdian yang dibiayai oleh DIPA Untad tahun 2019 beranggotakan  dosen dan mahasiswa FKIP Untad yakni Dr. Usman HB, M. Pd, Drs. Abd. Hamid, M. Pd., Welli Mainarni, S. Pd.  M. Pd., dan dua orang mahasiswa bernama Yuliana  Suheri dan Muhammad Suwardi. IWANLAKI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here