Dandim 1306 Donggala Kolonel Inf Widya Prasetyo saat memaparkan program TMMD ke-106 di hadapan Bupati Parigi Moutong, Syamsurizal Tombolotutu.(ist)

Palu,mediasulawesi.com- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 kembali siap digelar. Program tahunan Markas Besar TNI  tersebutmenyasar seluruh pulau di Indonesia. Untuk wilayah Kodim 1306 Donggala, program yang kali ini bertemakan Melalui TMMD kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat akan dipusatkan di Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong.

Komandan Kodim 1306/Donggala Kolonel Infanteri Widya Prasetyo kepada wartawan di Palu, Senin (16/9/2019) malam mengatakan program TMMD ke-106 ini berlangsung mulai 2 hingga 31 Oktober 2019. Ada tiga lokasi di Kecamatan Tinombo yang menjadi pusat kegiatan tersebut yakni Desa Lombok, Patingke dan Ogoalas. ‘’Jadi tiga desa tersebut yang akan jadi pusat kegiatan nantinya. Insya allah star mulai 2 Oktober,’’terangnya.

Adapun program yang difokuskan dalam TMMD kali ini, Dandim menyebutkan antara lain pembukaan dan peningkatan jalan sepanjang 3 kilometer dengan lebar 6 meter, pembuatan jamban sebanyak 21 unit dan penyuluhan sebanyak 8 item. Selain program pokok tersebut, TMMD juga akan melakukan program tambahan berupa pembagian sembako, Tinombo Belajar untuk warga buta aksara, lomba karya tulis jurnalistik, pengobatan gratis, tari adat dan bantuan alat olahraga.

Ada yang menarik dalam program TMMD kali ini, kata dia, yakni anggota satgas TMMD sebanyak 150 orang nantinya akan disebar dan tinggal di rumah warga.Uang saku yang mereka terima selama program akan diberikan kepada pemilik rumah tempat mereka tinggal. Tujuannya agar anggota satgas TMMD bisa lebih dekat dan menyatu dengan masyarakat. ‘’TNI tidak bisa bergerak kalau tidak ada masyarakat. Jadi kami harus sinergi,’’tandasnya.

Ia menambahkan sebelum program digelar 2 Oktober 2019, pihaknya sudah melakukan survei lokasi untuk kegiatan pra TMMD. Kegiatan pra TMMD akan dilaksanakan mulai Senin depan. Kegiatan tersebut pun mendapat dukungan serius dari Bupati Parigi Moutong Syamsurizal Tombolotutu. (sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here