Rektor Unisa Dr Umar Alatas saat memberikan sambutan di hadapan mahasiswa baru,Senin (16/9/2019) pagi.(iwan laki)

Palu,mediasulawesi.com-Hari pertama pembekalan Orientasi Studi Ta’aruf Kampus (OSTAK) bagi Mahasiswa Baru  Universitas Alkhairaat (Unisa) diawali  materi Tantangan Unisa  menghadapi Era 4.0 dan Society 5.0 yang disampaikan oleh Rektor Unisa Dr. Umar Alatas.

Menurutnya, ada tiga cara yang  bisa oleh Perguruan Tinggi  menghadapi era tersebut yakni,  analitis atau kemampuan memecahkan masalah. Selain itu, berfikir kritis dengan didasari pengetahuan yang mapan dengan didasari nilai-nilai budaya dan ahklakul karimah dan kreatif dalam memanfaatkan pengetahuan teknologi.

“Ini adalah cara berfikir yang di sebut dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills), secara kompleks, berjenjang dan sistematis, insya Allah Unisa menuju kesana,” katanya di hadapan ratusan mahasiswa baru Unisa di aula Ibnu Shina Fakultas Kedokteran, Senin,(16/9).

Menurutnya, kemampuan HOTS ini dapat dilatih dalam proses pembelajaran di bangku kuliah yakni memberikan ruang kepada mahasiswa untuk menemukan konsep pengetahuan berbasis aktivitas.

Hal itu kata Rektor, mendorong mahasiswa untuk membangun kreativitas dan berfikir kritis, namun di dasari dengan nilai-nilai  budaya dan akhlakul karimah, dengan memilih aneka model pembelajaran seperti discovery learning, project based learning, problem based learning, dan inquiry learning.

Selain itu, Mahasiswa Baru juga dibekali dengan materi Kealkhairatan yang disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Sigi. Dr. H.S. Ali bin Hasan Aljufri.IWANLAKI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here