Pembuatan jamban oleh satgas TMMD ke-106 sebagai bagian program utama

PALU-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 akan dibuka secara resmi, Rabu (2/10/2019)lusa. Program yang berlangsung selama satu bulan ini akan dipusatkan di tiga desa di Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong. Program tahunan andalan mabes TNI ini rencananya akan dibuka resmi Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr Hidayat Lamakarate.

Komandan Kodim 1306 Donggala Kolonel Infanteri Widya Prasetyo kepada wartawan di kantornya Senin (30/9/2019) sore membenarkan jika program TMMD ke-106 akan mulai digelar Rabu (2/10/2019) esok. Kegiatan yang menyasar tiga desa tersebut akan dipusatkan di Desa Lombok, Kecamatan Tinombo. Akan hadir pula Danrem 132 Tadulako Kolonel Agus Sasmita dan Bupati Parigi Moutong Syamsurizal Tombolotutu. ‘’Yah, insya allah Rabu akan kita buka secara resmi di Desa Lombok. Pak Sekdaprov yang rencananya akan buka TMMD ini,’’terangnya.

Dandim menyampaikan kalau secara umum, tidak ada kendala dalam persiapan pembukaan TMMD ke-106 kali ini. Meski diakui memang ada dari segi medan atau akses menuju desa tersebut sedikit menantang.  Dari tiga desa yang digarap yakni Desa Ogoalas, Lombok dan Desa Patingke, hanya Desa Lombok yang topografinya landai. Seluruh personil satuan tugas TMMD ke-106 pun telah dikerahkan sejak sepekan sebelum pembukaan.

Sebelum pembukaan, tambah dandim, pihaknya sudah menjalankan sejumlah program utama seperti peningkatan jalan dan pembuatan jamban sebanyak 28 unit yang disebar ke tiga desa. Ia menargetkan proyek peningkatan jalan sepanjang lima kilometer dan pembuatan jamban sebanyak 28 unit ini bisa rampung hingga program usai.

Salah satu program andalannya yakni Tinombo Belajar juga diharapkan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat. Apalagi kondisi masyarakat di lokasi TMMD memang dinilai masih banyak yang buta huruf sehingga perlu dibantu melalui personil yang juga paham dengan budaya dan bahasa lokal. Program tersebut diharapkan membantu pemerintah dalam pengentasan buta aksara.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here