Satgas TMMD dibantu warga memasang bangunan untuk jamban di Desa Ogoalas.(ist)

Parimo,mediasulawesi.com-Program pembuatan jamban sebanyak 28 unit oleh satuan tugas TNI Manunggal Membangun Desa (satgas TMMD) ke-106 oleh Kodim 1306/Donggala tidak hanya bertujuan untuk menciptakan suasana masyarakat yang hidup sehat dan berkualitas. Apalagi selama ini, sebagian warga Desa Ogoalas dan Patingke masih memiliki kebiasaan buang hajat di tempat terbuka dan tidak teratur.

Komandan Kodim 1306/Donggala Kolonel Inf Widya Prasetyo kepada wartawan menyampaikan pembuatan jamban memang merupakan salah satu program fisik utama dari TMMD ke-106 kali ini. Pertimbangannya karena melihat kondisi masyarakat di lokasi sasaran yang sebagian besar masih memiliki kebiasaan buruk membuang hajat di tempat terbuka. Hal itu tentunya tidak hanya menimbulkan kesan tidak baik tapi juga berpotensi untuk mendatangkan penyakit. Program tersebut juga mendukung pemerintah kabupaten Parigi Moutong dalam memperbaiki sanitasi lingkungan di masyarakat terpencil.

Melalui program itu, lanjut Dandim,diharapkan  akan terbangun kesadaran masyarakat untuk berubah dari kebiasaan lama. ‘’Kita ingin menyadarkan mereka untuk belajar hidup bersih dan tidak membuang hajat di tempat terbuka. Kita ingin merubah perilaku buang hajat yang tidak memperhatikan sanitasi lingkungan. Karena itu juga berpotensi mendatangkan bibit penyakit. Jadi kita harapkan jamban ini bisa berguna bagi mereka,’’tandasnya.

Dukungan masyarakat  terhadap program pembuatan jamban ini ternyata cukup baik. Terbukti mereka cukup antusias membantu atau bergotong royong dengan satuan tugas TMMD membangun jamban sebanyak 28 unit yang disebar di tiga desa yakni Ogoalas, Patingke dan Lombok.

Warga setempat pun sangat bersyukur atas program tersebut meski sebenarnya mereka berharap pengadaan jamban keluarga tersebut bisa lebih banyak. ‘’Kami sangat senang dengan adanya program ini. Warga disini sebenarnya berharap bisa lebih banyak. Tapi kami maklumi juga jika hanya sebanyak ini yang memang diprogramkan,’’ujar salah seorang warga Desa Ogoalas.

Sepekan program TMMD ke-106 berlangsung, realisasi program sudah mencapai hampir 20 persen. Kodim 1306/Donggala pun menargetkan semua program bisa tercapai sesuai waktu yang ditargetkan.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here