Satgas TMMD Kerahkan Motor TNI Distribusikan Material.(ist)

Parimo,mediasulawesi.com-Dalam menjalankan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 1306/DOnggala, salah satu kendala yang dihadapi personil TNI adalah akses transportasi menuju lokasi sasaran. Tidak bisa dilalui kendaraan roda empat dan jalur untuk sampai ke titik lokasi cukup berat. Sepeda motor yang digunakan pun harus bertenaga besar.

Terbatasnya kendaraan sebagai sarana transportasi membuat Kodim 1306/Donggala menggunakan kendaraan operasional personilnya termasuk di Koramil 09 Tinombo. Sepeda motor operasional di Koramil Tinombo maupun Kodim 1306 Donggala digunakan untuk membantu pengangkutan material. Selain itu juga dibantu oleh kendaraan warga di desa yang menjadi sasaran TMMD.

Komandan Kodim 1306/Donggala Kolonel Infanteri Widya Prasetyo kepada wartawan belum lama ini menuturkan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut material ke lokasi sasaran memang sangat terbatas. Apalagi tidak bisa dengan menggunakan roda empat atau mobil khususnya untuk Desa Ogoalas dan Desa Patingke. Satgas pun terpaksa harus mengerahkan motor operasional  milik Koramil 09 Tinombo untuk mengangkut sebagian material. ‘’Yah kita terpaksa memaksimalkan motor operasional disini karena keterbatasan kendaraan. Memang kendaraan yang bisa digunakan ke lokasi, hanya roda dua,’’jelas Dandim.

Dandim menambahkan, proses pendistribusian material bahkan ke beberapa titik lokasi bahkan tidak bisa terjangkau kendaraan termasuk roda dua. Sehingga terpaksa satgas TMMD dan warga menggunakan karung bekas untuk memuat material dengan memikulnya. Melewati jalan setapak dan terjal menjadi tantangan tersendiri satgas TMMD ke-106 ini dalam menjalankan tugasnya. Untuk memotivasinya personilnya, Dandim pun beberapa kali harus turun langsung ke lokasi.

Saat ini proses pengerjaan program TMMD ke-106 di tiga desa yakni Desa Lombok, Patingke dan Ogoalas telah berlangsung selama sepuluh hari. Sejumlah program pun telah terlaksana dan sebagian lainnya baru dimulai. Program yang telah terlaksana antara lain pengobatan gratis dan sunnatan massal di Desa Lombok. Pembagian sembako gratis serta bantuan peralatan olahraga di Desa Ogoalas. Sedangkan yang sementara berjalan terutama program fisik seperti pembuatan dan pelebaran jalan, pembuatan jamban serta pembangunan kantor tiga pilar.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here