Prajurit TNI berbagi dengan murid sekolah untuk menjalin hubungan emosional warga dengan TNI.(ist)

PARIMO-Kehadiran satuan tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 wilayah Kodim 1306/Donggala tak sekadar mengerjakan program pembangunan atau fisik di wilayah sasaran. Lebih dari itu, satgas juga berperan dalam membangun hubungan emosional atau keakraban dengan warga setempat.   

Kehadiran prajurit TNI di wilayah yang menjadi sasaran TMMD ke-106 ini memang tak hanya dibekali dengan ilmu untuk membangun infrastruktur jalan maupun kantor. Tapi juga mereka dituntut bisa menjalin keakraban dan kekompakan dengan masyarakat tempatnya bertugas. Sebanyak 150 personil satgas yang disebar di tiga desa sasaran yakni Desa Ogoalas, Desa Patingke dan Desa Lombok.

Menjalin keakraban dengan warga setempat, tentunya dilakukan satuan tugas dengan berbagai cara dan tidak hanya kepada orang tua, anak muda tapi hingga anak-anak. Seperti halnya yang dilakukan satgas TMMD di Desa Ogoalas dengan mengajari anak-anak cara mandi yang bersih. Tidak hanya dilakukan di rumah tapi juga di sumber air seperti sungai yang kondisi airnya memang jernih dan bersih.

Komandan Kodim 1306 Donggala Kolonel Infanteri Widya Prasetyo memang menekankan kepada anggotanya untuk sebisa mungkin membangun hubungan emosional yang kuat dengan warga setempat. Untuk itulah ia menempatkan personilnya tidak di sebuah kantor atau rumah khusus melainkan disebar di rumah-rumah warga. ‘’Memang sengaja kami sebar ke rumah-rumah warga agar hubungan emosional dan keakraban bisa terbangun kuat,’’harapnya.

Ditambahkan, tujuan dari program TMMD ke-106 ini tidak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik maupun non fisik. Selain itu juga untuk menguatkan sinergitas antara TNI dan warga. Salah satu kelebihan atau sisi positif dari program TMMD diakui memang selama ini adalah kemampuan prajurit TNI untuk beradaptasi dan kompak dengan warga. ‘’Yah, selama ini program TMMD selalu meninggalkan kesan positif dari masyarakat dan itu yang harus kita jaga. Tentunya dengan menjaga kekompakan dan hubungan yang harmonis antara prajurit TNI dengan warga,’’kuncinya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here