Satgas TMMD 106 mengajari anak-anak sekolah tentang peratusran baris berbaris (PBB).(ist

PARIMO– Peran satgas TMMD dalam membentuk karakter khususnya di kalangan pelajar, sangat dibutuhkan. Ini tentunya juga menjadi wujud kepedulian para prajurit TNI di bidang pendidikan. Seperti yang ditunjukkan jajaran Kodim 1306/Donggala melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106. Para prajurit TNI melatih siswa terkait peraturan baris berbaris (PBB). Pelatihan ini tidak lain untuk menumbuhkan kedisiplinan para siswa-siswi SDN Lombok, Kecamatan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong.

Pasiter Kodim 1306/Donggala Kapten Infanteri Sjafroni Saselah mengatakan tujuan pelatihan ini untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar mempunyai semangat juang. Sehingga anak-anak tersebut kelak menjadi generasi bangsa yang kuat baik secara fisik, mental maupun pikiran.Selain itu juga untuk membentuk karakter para siswa siswi sejak usia dini. ‘’Mereka akan lebih disiplin dan berjiwa nasionalisme. Kelak akan tertanam dalam jiwa mereka sepakat nasionalime,’’tandasnya.

Selain melatih PBB, Sjafroni bersama petugas babinsa dan babinkantibmas  juga melatih siswa dan menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan. Kegiatan tersebut diikuti puluhan siswa.Dalam kegiatan tersebut, Sjafrini  bersama Babinkamtibmas memberikan teori dan juga praktek peraturan baris berbaris. Dalam latihan baris berbaris diperlukan kekompakan dan konsentrasi. Sehingga, materi baris berbaris dapat diserap dengan cepat.“Tanpa keseriusan, kekompakan dan semangat, baris berbaris akan terlihat jelek karena kunci keindahan PBB adalah semangat dan kompak,” urainya.

Sjafroni menambahkan, selama melaksanakan  latihan baris berbaris, ia melihat para siswa begitu bersemangat dan antusias. Hal ini mencerminkan bahwa mereka terbiasa dengan disiplin yang tinggi. Kalangan siswa yang mengikuti pelatihan juga merasa senang. Mereka mengaku jarang mendapatkan materi tersebut apalagi yang mengajari langsung adalah prajurit TNI yang memang sarat pengalaman.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here