Satgas TMMD mengajarkan anak-anak sekolah tentang wawasan kebangsaan.(ist)

PARIMO-Untuk menanamkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara, para prajurit TNI yang bertugas di wilayah TMMD 106 Kodim 1306/Donggala ikut  melaksanakan kegiatan pembinaan karakter kepada siswa SD Negeri Ogoalas, Kecamatan Tinombo.

Pembinaan Karakter merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan membentuk tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak, insan manusia sehingga menunjukkan tingkah laku yang baik berlandaskan nilai-nilai Pancasila. “Pembinaan karakter sangat penting bagi para siswa-siswi ataupun generasi muda sehingga dengan pembinaan karakter para siswa akan mempunyai sikap kepribadian dan mental yang baik,” kata Dandim 1306/Donggala Kolonel Inf Widya Prasetyo.

Dalam kegiatan pembinaan karakter terhadap pelajar tersebut, Dandim  menyampaikan tentang makna disiplin dan cinta tanah air dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari baik dirumah maupun di lingkungan sekolah.

Dikatakan, dengan disiplin diharapkan para siswa dan siswi akan pentingnya menghargai waktu dan bisa mengatur waktu dalam kegiatan sehari-hari baik itu waktu belajar, waktu Istirahat, beribadah maupun waktu membantu orang tua. selain itu membiasakan hidup disiplin maka bisa mengurangi kekhawatiran yang ada seperti keterlibatan narkoba, faham radikal maupun Tindakan yang menjurus kearah kriminal lainnya.

Ia menambahkan, menumbuhkan rasa cinta tanah air sangat diperlukan bagi para siswa karena akan berpengaruh pada cara berfikir, bersikap, dan berbuat untuk menunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa dan negara. alah satu contohnya kalau bagi siswa itu sendiri dengan keikutsertaan upacara bendera setiap hari Senin, menyanyikan lagu kebangsaan dan membaca teks Pancasila secara bersama merupakan upaya menumbuhkan rasa kecintaannya kepada bangsa Indonesia yang kita cintai,” pungkasnya. (sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here