Tiga pelari Kenya memenangi Maraton Ekuator 10 K, yang diselenggarakan Pemkab Parimo di Desa Katulistiwa, Ahad (27/10) (MAWAN)

PARIGI- Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong menggelar Lari Maraton ekuator 10 Kilometer, di Desa Khatulistiwa, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Ahad (27/10/2019) pagi. Sebanyak 679 pelari dari berbagai daerah turut meramaikan lomba bertajuk Come Aimo tersebut.Bahkan tiga pelari diantaranya merupakan atlet dari Kenya.

Lari Marathon Ekuator 10 K mengambil garis star dari Desa Silampayang, Kecamatan Kasimbar dan finis di Desa Katulistiwa, Kecamatan Tinombo Selatan. Lomba yang disaksikan ratusan warga tersebut dilepas langsung Bupati Parigi Moutong, Syamsurizal Tombolotutu.

Dalam sambutannya Bupati Parimo, mengatakan, tujuan maraton ekwator 10 K dilaksanakan, sebagai upaya pemerintah Kabupaten untuk mempromosikan tugu khatulistiwa sebagai satu-satunya yang berada dibelah dunia.Kenapa, keberadaan tugu tersebut sebagai titik nol yang menghubungkan antara lintang timur, barat, Utara dan selatan.” Ditempat inilah garis lurus Khatulistiwa, untuk itu saya mengajak atlit internasional berpartisipasi dalam kegiatan ini, sehingga mereka dapat mempromosikan di negera mereka,” harapnya.

Tiga pelari asal Kenya masing-masing menorehkan waktu tercepat diposisi pertama Lel Kipchirchir 35,38.60 sceon, diposisi kedua, Thomas Kipkorir dengan waktu 35,58. 46 scon dan diposisi ketiga, Samson Kamau catatan waktu 37,03.93 scon.

Sementara, untuk nasional atilt putra Kabupaten Poso, Noveldi Petiko berhasil mencatat waktu tercepat yakni 0.36.09.13 secon, disusul Ade putra dengan waktu 0.36.49.02 secon dan diposisi ketiga Azwar catatan waktu 0.36.28.30 secon.

Untuk kategori putri, pelari asal Kota Palu, Dewi berhasil mencatatkan waktu 52.23.76 secon, Hasna Hamli, Kabupaten Sigi 58.28.65 secon dan Irnawati 1.03.28. 80 secon. Selain maraton ekuator, dilaksanakan pula lomba panjat kelapa, yang diikuti oleh seluruh warga di Kecamatan Tinombo Selatan serta 22 kecamatan lainnya. (MAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here