Panitia Pelaksana Datokaroma Engish Meeting Club foto bersama dengan peserta.(ist)

PALU– IAIN Palu terus melakukan upaya terobosan dalam meningkatkan kualitas mahasiswanya khususnya dalam penguasaan bahasa asing. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggelar Datokaroma English Meeting Club di Aula Kampus IAIN Palu, Kamis (31/10/2019). Kegiatan bertema English Changes Your World tersebut diikuti 75 mahasiswa dan enam tenaga pengajar dari berbagai fakultas di lingkungan IAIN Palu.

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Dr Abidin Djafar dalam laporannya menyampaikan kegiatan Datokaroma English Meeting Club merupakan tindak lanjut dari program sebelumnya yang telah terlaksana. Kegiatan tersebut diikuti 75 mahasiswa dari berbagai program studi di linkungan IAIN Palu. Disebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris di lingkungan kampus.

Abidin yang juga Pelaksana Tugas Kepala UPT Bahasa IAIN Palu menambahkan peningkatan kemampuan berbahasa asing bagi mahasiswa tidak hanya difokuskan kepada jurusan bahasa Inggris tapi juga mahasiswa dari jurusan lainnya di kampus IAIN Palu. ‘’Jadi kita berharap mahasiswa memiliki kemampuan berbahasa Inggris di kampus. Tidak hanya untuk jurusan bahasa Inggris tapi menyebar ke seluruh program studi lain. Kita ingin kampus dengan suasana berbahasa Inggris,’’harapnya didampingi Sekretaris UPT Bahasa IAIN Palu, Muh Tamrin Pettawali,S.S,M.Pd.

Sementara itu Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf Pettalongi dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut menekankan agar kegiatan kali ini dapat terlaksana secara massive, terstruktur dan bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan kebahasaan di IAIN Palu. Rektor juga berharap agar nantinya jumlah peserta yang ikut dan aktif dalam kegiatan tersebut semakin banyak .’’Jadi kita ingin ke depannya jumlah peserta ataupun mahasiswa yang ikut dalam program ini lebih banyak. Demikian halnya dengan tenaga pengajar yang dilibatkan,’’tekannya.

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan penuh program tersebut, Rektor meminta pelaksana memberi penanda khusus kepada mahasiswa yang aktif dalam program tersebut. Jika seorang mahasiswa dan dosen mengenakan tanda pita di bajunya maka itu berarti mampu berbahasa Inggris dengan aktif. ‘’Jadi ada tanda khusus kepada mahasiswa dan dosen untuk gampang kita kenali kalau itu bahasa inggrisnya aktif,’’terangnya lagi.

Orang nomor satu di IAIN Palu itu juga menambahkan jika nantinya mahasiswa IAIN Palu tidak hanya dituntut menguasai bahasa Inggris tapi bahasa asing lainnya yakni Bahasa Arab.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here