Danki Satgas TMMD 106 Kapten Joni M memberikan bantuan secara simbolis kepada warga Desa Ogoalas.(ist)

PARIMO– Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 menimbulkan kesan mendalam tidak hanya bagi warga tiga desa yakni Desa Lombok, Patingke dan Ogoalas. Sebanyak 150 satgas TMMD yang bertugas di tiga desa tersebut selama sebulan juga turut merasakan suasana keakraban dan kedekatan emosional.

Tak heran, satgas TMMD seperti enggan meninggalkan rumah tempatnya berbaur dengan masyarakat setempat. Mereka telah menganggap rumah singgahnya seperti rumah sendiri demikian halnya dengan pemilik rumah dan anggota keluarganya. Begitupula sebaliknya dengan warga yang selama ini tinggal bersama para prajurit TNI tersebut.

Sebagai tanda perpisahan itu, para prajurit TNI pun membagi-bagikan sembako gratis kepada warga. Sembako tersebut berisi berupa beras, gula, indomie, telur, sayur-sayuran dan sejumlah keperluan rumah tangga lainnya. Selama tinggal di rumah warga tersebut, uang lauk pauk para prajurit TNI tersebut memang sudah disepakati untuk diberikan kepada pemilik rumah.

Komandan Kompi (Danki) Satgas TMMD 106, Kapten Infanteri Joni Mongalik kepada wartawan menyampaikan kalau pembagian sembako secara gratis tersebut dilakukan dengan cara menyambangi setiap rumah yang ditempati anggota satgas TMMD selama ini. Bantuan sembako yang diberikan itu, sebut Joni, antara lain beras, gula, telur, indomie,sayur-sayuran serta sejumlah kebutuhan warga lainnya. ‘’Memang sembako tersebut diberikan kepada setiap rumah singgah yang ditempati anggota satgas selama ini,’’tandasnya.

Joni mengakui kalau bantuan yang diberikan sebenarnya tidak sebanding dengan pelayanan dan sikap baik yang diberikan warga kepada satgas TMMD selama ini. Menurutnya, selama program berjalan, satgas TMMD merasa sangat nyaman dan senang bisa tinggal bersama dengan warga setempat.

Warga yang menerima bantuan itupun menyampaikan terima kasihnya kepada para prajurit TNI. Bagi mereka, bantuan tersebut cukup berharga apalagi merupakan kebutuhan sehari-hari. ‘’Kami sangat berterima kasih kepada TNI dengan adanya bantuan tersebut. Kami memang sangat membutuhkan barang-barang seperti itu,’’ujar Eni, salah seorang warga Desa Ogoalas. (sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here