Pemberian materi kepada peserta perkemahan wira kartika competition campaign di Parigi.(ist)

PARIGI-Kodim 1306/Donggala terus menggalakkan kegiatan kepramukaan di wilayah jajarannya. Salah satunya dengan menggelar perkemahan SAKA WIRAKARTIKA Competition Campaign di Bumi perkemahan Kayu Bura, Desa Pangi, Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parimo, Jumat (8/11/2019). Kegiatan ini sekaligus menyambut Hari Pahlawan, 10 Nopember.

Kegiatan yang bertemakan”Mari Kita tingkatkan nasionalisme, cintah tanah air, keterampilan dan kerjasama demi terwujudnya Generasi muda yang kreatif, inovatif dan berdaya saing dimasa yg akan datang’’ ini dikuti 322 peserta yang terdiri dari 156 putra  dan 176) putri. Mereka berasal dari 15 gugus depan (Gudep) penegak dan penggalang di Kabupaten Parigi Moutong.


Dalam kegiatan SAKA WIRAKARTIKA COMPETITION CAMPAIGN ini beberapa materi yang diberikan antara lain pengenalan simpul, ikatan tubuh, praktek Rappeling (turun tebing), Flyying Fox/luncuran, rayapan tali serta tehnik melewati jembatan tali 2.

Komandan Kodim 1306/Donggala, Kolonel Inf Widya Prasetyo dalam sambutannya mengatakan SAKA WIRAKARTIKA COMPETITION CAMPAIGN merupakan sarana untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan. Lebih jelas Dandim, sesuai dengan tujuan utama Saka Wira Kartika yaitu untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini adalah sarana untuk membentuk manusia yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bertakwa kepada Tuhan YME, peduli pada tanah air, bangsa, masyarakat, alam lingkungan serta peduli pada dirinya sendiri dengan berpedoman pada Satya dan Dharma Pramuka” ujar Dandim.

Dandim berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan sebaik-baiknya, guna memantapkan tekad kaum muda sebagai patriot bangsa mendatang. “Diharapkan dari para satria muda anggota Pramuka tersebut, bisa disalurkan di kalangan generasi muda lainnya yang dipersiapkan untuk menjadi pemimpin masa depan dalam melanjutkan perjuangan bangsa yang berkarakter sesuai dengan Satya Dharma Pramuka” pungkasnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here