Sikora,maskot pilkada kota Palu (ist)

PALU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu resmi meluncurkan maskot Pilkada Kota Palu 2020. Maskot tersebut diberi nama SIKORA (Si Kota Suara). Peluncuran maskot tersebut bersamaan dengan pemilihan walikota dan wakil walikota Palu yang digelar di Lapangan Watulemo Palu, Jumat (8/11/2019) malam.

Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid kepada media ini Sabtu (9/11/2019) pagi mengatakan Sikora yang berarti Si Kotak Suara, mengambil awalan (Si) agar tidak menyatakan genre tertentu, sehingga bisa lebih netral untuk Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Palu.

Menurut Agussalim,maskot tersebut  merupakan perpaduan antara kotak suara pada bagian badan dan sou raja yang merupakan rumah raja sebagai simbol kebesaran masyarakat Kaili pada bagian atas atau kepala dari maskot SIKORA.

Terkait bentuk kotak suara dan simbol sou raja sebagai aksesoris di bagian kepala maskot, lanjutnya, merupakan simbol kebesaran masyarakat Kaili yang mendiami lembah Palu Sulawesi Tengah (Sulteng).

Agussalim menguraikan makna gambar Sou Raja atau Banua Oge adalah simbol pemersatu, simbol mempererat tali silaturahmi. ”Karena itu, kami memilih sou raja sebagai icon yang kami pasang dengan kotak suara, sebagai simbol wadah untuk memilih pemimpin di Kota Palu. Pemimpin yang bijaksana, adil dan mengayomi masyarakat,” urainya. (sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here