Habib Hasan bin Idrus Alhabsyi mengisi ceramah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Mushalla An-Najah Kompleks Unisa.Palu Barat.(IWANLAKI)

PALU-Habib Hasan bin Idrus Alhabsyi mengingatkan seluruh sivitas akademika Universitas Alkhairaat (Unisa), untuk tidak sekedar  memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, melainkan mencontoh perilaku Nabi. Hal itu dikemukakannya saat mengisi ceramah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  di Mushalla An-Najah Kompleks Unisa.Palu Barat. Pekan lalu.

Ia mengatakan, Allah dan para malaikatnya saja bershalawat atas Nabi Muhammad SAW, ‘Innallaaha Wamalaaik atuhu yusalluuna alannabi, yaaayyuhallaziina aamanuu shallu aliahi wasallimu tasliimaa”

“Kita baru saja membacakan Simtuddurar karangan Habib Ali Alhabsyi, ditempat lain pada umumnya pada bulan kelahiran Nabi ini ramai dibaca sejarah Nabi atau Barsandji karangan Abu Ja’far Al Barzanji. Kenapa ini penting kita rayakan? agar kita lebih mencintai Nabi kita Muhammad SAW,” katanya.

Habib Hasan banyak mengurai kisah dan sejarah Nabi sejak dilahirkan hingga diutus menjadi Nabi dan Rasul.

Ia mengisahkan saat Rasulullah saban hari diludahi oleh seorang kafir suruhan abu lahab, suatu ketika sang kafir itu  jatuh sakit dan Nabi mengunjunginya dan membawakan hadiah, melihat akhlak Nabi yang luar biasa itu, sang kafir akhirnya mengucapkan dua kalimat syahadat.

Habib Hasan menganjurkan memperbanyak mengirimkan shalawat pada Baginda Nabi Muhammad SAW. Ia mengutip Hadits Qudsi yang artinya barang siapa yang bertemu denganku dalam mimpi, maka sama dengan bertemu secara nyata, karena sesungguhnya syaitan tidak bisa menyerupai diri Rasulullah SAW.

Ia juga mengatakan, untuk meneladani kesabaran Rasullullah, walaupun difitnah, bahkan dilempari hingga berdarah oleh penduduk Thaif, nabi tetap bersabar dan mendoakan yang terbaik untuk mereka.

Dibagian akhir Habib Hasan mengajak untuk terus menghidupkan majelis-majelis ilmu karena mendengar sejarah Rasulullah makin menambah kecintaan pada Nabi Muhammad SAW.

Hadir pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW itu, Rektor Dr.Umar Alatas,  Wakil Rektor bidang Akademik, Fachrudin A. Yahya, Wakil Rektor bidang Keuangan, Umum dan Personalia, Marjun, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Dr. Ahmadan, Ketua Senat, Dr. Aris Aksarah, mantan Wakil Rektor 2 Dr. Muhammad Yasin, Ketua LPPM, Abdul Kadir, Kepala Baak-SI, If’all dan  Kepala  BAUPK, Hardi Ligua.

Selain itu juga hadir sejumlah Dekan yakni Dekan  Fakultas Pertanian, Dr. Hj. Hasmari Noer, Dekan Fakultas Ekonomi, Abd Rahman, Dekan Fakultas Perikanan Mawar. Para pegawai dan mahasiwa. IWANLAKI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here