Plt.Ketua Utama Habib Alwi bin Saggaf Aljufri (Tengah) saat meninjau Sumur Ue Kulu di Pelawa (Iwan Laki)

PARIGI-Sumur tempat Habib Idrus bin Salim Aljufri, (Guru Tua), mandi bersama dua cucunya, yang waktu itu masih berusia remaja,  Alm.Habib Abdillah Aljufri dan Habib Saggaf Aljufri yang terletak di Kelurahan Pelawa, Kabupaten Parigi Moutong yang sudah berusia ratusan tahun, hingga saat ini, dikabarkan  tidak  pernah kering, walaumusim kemarau.

Kepala Madrasah Aliyah Alkhairaat Pelawa, Abdul Malik pada MAL, Ahad, (10/11), mengatakan,  Plt. Ketua Utama Alkhairaat, Habib Alwi mendapatkan informasi itu saat  acara Maulid yang dirangkaikan dengan  acara ramah tamah  dan reuni akbar Alkhairaat  Pelawa.

Keesokan harinya, Habib Alwi bersama rombongan menyempatkan melihat langsung  lokasi sumur tua tempat ayahnya mandi bersama kake buyutnya itu.Selain bersilaturahmi dengan Pengurus Ranting Alkhairaat Pelawa, Habib Alwi juga tertarik mendengar cerita tentang sumur  bersejarah itu  dari tokoh Alkhairaat setempat Nayadin L. Lakandu.

Menurut Nayadin L. Lakandu, seperti dituturkan Abdul Malik, sumur yang  terletak di kompleks Alkhairaat Pelawa itu hingga kini masih dikonsumsi warga, bahkan, Habib Alwi, kata Malik, ikut meminum langsung air sumur tua itu.Penduduk setempat memberikan nama sumur itu Ue Kulu atau Air Kulu, artinya air yang banyak ditumbuhi pohon sukun. IWANLAKI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here