Ketua KPU Kota Palu,Agussalim Wahid saat memberikan sambutan di sosialisasi tahapan pilwalkot Palu,Senin (18/11/2019)pagi.(faiz)

PALU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu mengharapkan partisipasi aktif warga dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Palu tahun 2020. KPU menargetkan tingkat partisipasi warga dalam menggunakan hak pilihnya minimal 86 persen. ‘’Jadi besar harapan kami ,tingkat partipasi tidak kurang dari paritisipasi dalam pilpres dan pileg 2019 kemarin yakni 86 persen,’’jelas Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid dalam sosialisasi tahapan pemilihan walikota dan wakil walikota Palu, di salah satu hotel kota Palu, Senin (18/11/2019) pagi.

Agussalim mengakui jika tingkat partisipasi warga Kota Palu dalam pemilihan walikota baik tahun 2010 maupun 2015 memang tidak mencapai 68 persen seperti halnya dalam pemilihan legislatif dan pemilihan presiden, April 2019. Untuk pilwalkot 2010, partisipasi warga sebesar 59, 6 persen sedangkan di pilwalkot Palu sebesar  61,17 persen. ‘’Jadi kenaikannya hanya 1,4 persen.Ini tentu jadi pekerjaan rumah kami agar di pilwalkot 2020 ini bisa mencapai angka 86 persen seperti halnya di pilpres dan pileg,’’ungkapnya lagi.

Untuk mencapai target itu, Agussalim dan pihaknya sudah melakukan sosialisasi secara massif massif dengan menjangkau semua elemen masyarakat di Kota Palu. Termasuk dengan menyasar disabilitas, perempuan dan kelompok marginal untuk ikut berpartipasi dalam pemilihan orang nomor satu di Kota Palu tahun depan.

Ditambahkan, sosialisasi yang digelar KPU Kota Palu pada intinya bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat jika tahapan pilwalkot sudah berjalan dan sekaligus mengingatkan untuk pro aktif dalam pesta demokrasi tersebut. Sosialisasi pun melibatkan semua stake holder baik pemerintah, bawaslu, OPD terkait maupun elemen masyarakat lainnya.(FAIZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here