Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid (tengah) saat memberikan keterangan pers terkait persiapan pemilihan walikota palu beberapa waktu lalu (sam)

PALU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu terus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang nantinya akan menggunakan hak pilihnya di pemilihan walikota dan wakil walikota Palu tahun 2020 mendatang. Sosialisasi dilakukan secara merata di delapan kecamatan yang ada di Kota Palu.

Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid kepada media ini Sabtu (23/11/2019) mengatakan sosialisasi yang dilakukan pihak KPU memang sudah terjadwal dan disebar di seluruh kecamatan di Kota Palu. Sosialisasi tersebut, lanjut Agussalim tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan partisipasi warga dalam menggunakan hak pilihnya di pemilihan walikota dan wakil walikota Palu, tahun 2020 nanti. ‘’Jadi tujuannya memang adalah agar tingkat partisipasi warga dalam menggunakan hak pilihnya meningkat. Makanya kita maksimalkan sosialisasi ini,’’tandasnya.

Agussalim menekankan, kegiatan sosialisasi ini menyasar seluruh lapisan masyarakat , terutama kaum perempuan dan penyandang disabilitas. Selain itu lokasi sosialisasi tidak hanya dilakukan di kantor pemerintahan tapi juga di tempat-tempat strategis. Ia berharap dengan upaya sosialisasi secara maksimal tersebut bisa memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan angka partisipasi warga dalam menggunakan hak pilihnya.

Ia menargetkan untuk pemilihan walikota dan wakil walikota Palu tahun 2020 mendatang bisa mencapai 86 persen seperti halnya dalam pemilihan presiden dan legislatif April 2019 lalu. Karena ia membandingkan pemilihan walikota dan wakil walikota periode sebelumnya yakni 2010 dan 2015 masih di angka lebih rendah dari pileg dan pilpres. ‘’Jadi kita harapkan dalam pemilihan nanti, angka partisipasi dalam pilwalkot nanti bisa naik dan mencapai 86 persen. Bahkan kalau lebih tentu bisa lebih bagus lagi,’’tambahnya.

Soal evaluasi kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan, Agussalim mengakui jika sudah bagus dan berharap akan terus berjalan bagus dan meningkatkan animo masyarakat untuk ikut dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Untuk sosialisasi Sabtu (23/11/2019) dilakukan di empat kecamatan secara serentak yakni Kecamatan Palu Selatan, Ulujadi, Tatanga dan Palu Barat.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here