Hidayat Lamakarate, menghadiri upacara adat umat Hindu Kecamatan Balinggi, bertempat di Pantai Wisata Tumpapa Indah, Rabu (25/12). Foto (SATRI)

PARIGI– Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Hidayat Lamakarate, meminta maaf kepada masyarakat Kecamatan Balinggi, Kabupaten Parigi Moutong.Permohonan maaf tersebut disampaikan saat menghadiri upacara adat di Pantai Wisata Tumpapa Indah, Rabu (25/22).Penyebabnya, sejumlah ruas jalan yang menuju ke lokasi tersebut mengalami kerusakan, dari Desa Tolai Timur, Kecamatan Torue hingga Desa Malakosa, Kecamatan Balinggi. 

Hidayat Mengatakan, sesuai dengan jadwal dirinya akan hadir pada pukul 08.00 WITA tetapi tiba dilokasi satu jam dari jadwal yang ditentukan.”Saya minta maaf, sebenarnya jam 8 saya sudah berada dilokasi ini, tetapi lamanya dari pojok Tolai sampai ke desa Tumpapa ini banyak yang rusak jadi tiba jam 9 ini, sebenarnya jaraknya dekat,” jelasnya.

Diakui, infrastruktur jalan ini masih perlu perbaikan oleh pemerintah Kabupaten Parigi Moutong. Ia akan membantu mengkomunikasikan kepada Bupati Parimo.Apabila Pemkab belum mengalokasikannya, pihaknya akan mendorong dari APBD Provinsi Sulteng, untuk membantu perbaikan jalan agar bisa lebih baik lagi.”Kalau ini menjadi kewenangan kabupaten kami akan membantu keuangan dari provinsi,” jelasnya.

Ia menyinggung, yang rusakan tidak terlalu banyak tetapi rusak sekali begitu banyak.Pada kesempatan itu, dirinya pun mengapresiasikan atas pelaksanaan kegiatan upacara adat ini, yang diwariskan secara turun temurun, generasi ke generasi dan samapi saat ini terus mempertahankan.

” Saya fikir ini sebuah aktivitas yang sangat baik, dan sangat perlu untuk dilestarikan bersama-sama,” jelasnya.

Hidayat berjanji akan terus mendukung dan memberi bantuankegiatan semacam semacam ini.”Kepada pihak yang mengelola tempat ini mungkin ada yang dapat difasilitasi kami pemprov, saya menunggu informasinya berupa program serta rencana,” tutupnya. (SATRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here