Torau Resort, salah satu destinasi baru di Siuri, Pamona Barat yang belakangan ini ramai dikunjungi wisatawan.(sam)

KABUPATEN POSO kaya akan obyek wisata. Daerah yang selama ini dikenal lewat konfliknya, tak hanya memiliki wisata sejarah, alam dan lautnya. Salah satu objek wisata yang kini menjadi favorit dan ramai dikunjungi warga adalah Siuri, Desa Toinase, Kecamatan Pamona Barat. Obyek wisata yang terletak di tepi Danau Poso ini menjadi destinasi wisata paling diserbu tak hanya warga Poso tapi hingga luar Sulawesi Tengah.

Keindahan Siuri menjadi magnet pagi penikmat wisata ataupun traveller. Akses menuju lokasi itu tak begitu jauh dan jalannya mulus dilalui pengendara motor maupun mobil. Hanya berjarak 17 kilometer dari Tentena, ibukota Kecamatan Pamona Utara dan jarak tempuh perjalanan kurang dua jam dari Kota Poso. Sepanjang jalan menuju lokasi,mata akan disuguhkan pemandangan Danau Poso yang membentang luas.

Di Siuri, wisatawan tak hanya merasakan segarnya air Danau Poso dan halusnya pasir berwarna kuning keemasan, tapi juga bisa menikmati panorama alam yang menakjubkan di sekeliling salah satu danau terluas di Indonesia tersebut. Wisatawan seakan-akan berada di tepi pantai.Tak heran jika warga setempat dan wisatawan menyebutnya Pantai Siuri.

Keelokan Siuri kini dimanfaatkan pemodal untuk menarik pengunjung dengan menyediakan sarana dan prasarana. Mulai dari tempat penginapan, cottage serta wahana bermain bagi anak-anak dan dewasa.

Salah satu destinasi baru yang beberapa bulan terakhir diserbu pengunjung adalah Torau Resort, masih kawasan Siuri. Puncaknya tahun baru 2020,ribuan warga dari berbagai penjuru menyerbu dan memadati lokasi wisata tersebut. Mereka tidak hanya datang dari pagi hingga sore hari. Bahkan ada yang menginap di tempat tersebut dengan memasang tenda. Pengunjung cukup merogoh kocek Rp15 ribu bagi dewasa dan rp10 ribu untuk anak-anak sudah bisa menikmati sepuasnya kolam permandian dengan latar belakang Danau Poso.

Di tempat wisata yang tak jauh dari jalan raya ini disiapkan gazebo-gazebo untuk pengunjung yang hanya ingin datang duduk dan menikmati pemandangan tempat tersebut.Berbagai kuliner pun disiapkan pengelola untuk menemani istrirahat. Bagi yang ingin mengabadikan tempat tersebut, pengelola sudah menyiapkan tempat swafoto unik berlatar belakang Danau Poso yang dibayar dengan harga rp10 ribu per orang. ‘’Unik dan menarik.Ini jadi kenang-kenangan bersama keluarga,’’ujar Eva, salah seorang pengunjung asal Kota.

Karyawan salah satu perusahaan swasta di Palu ini mengaku jauh-jauh datang dari Kota Palu untukkarena penasaran dengan keindahan Pantai Siuri dan Torau Resort. Ia bersama keluarganya sekaligus merayakan malam pergantian tahun di Kota Poso. Meski terbilang jauh, namun ia mengaku cukup puas bisa menikmati hari liburnya di lokasi obyek wisata favorit tersebut.’’Alhamdulillah saya akhirnya bisa ke tempat ini. Saya cukup puas meski harus datang jauh-jauh dari Palu. Tapi rasa penasaran saya sudah terbayarkan,’’ujarnya.

Pengunjung lainnya, Nurhaeri dari Kota Poso juga mengaku baru kali pertama datang ke Torau Resort. Ia bersama suami dan anaknya puas bisa menikmati hari liburnya sembari berekreasi di tempat yang berada di tepi Danau Poso tersebut.’’Kami puas bisa jalan-jalan dan menikmati tempat wisata ini. Cukup bagus dan pemandangannya sangat indah apalagi dengan latar belakang Danau Poso,’’aku Guru Madrasah Tsanawiyah Poso ini.(syamsuddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here