Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) petugas penghubung atau liaison officer (LO) dan operator dari bakal calon perseorangan digelar KPU Palu, Rabu (8/1/2020). (ist)

PALU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) petugas penghubung atau liaison officer (LO) dan operator dari bakal calon perseorangan digelar KPU Palu, Rabu (8/1/2020). Kegiatan ini diikuti LO dan operator yang diutus oleh dua kandidat bakal calon (Balon) walikota dan wakil walikota Palu.

Divisi Teknis Penyelenggara KPU Palu, Iskandar Lembah menyampaikan bimtek yang dilaksanakan inin sangat penting bagi LO dan operator terutama dalam memahami tata cara penginputan data ke aplikasi sistem informasi pencalonan (Silon). Iskandar menyebutkan ada beberapa model formulir yang harus diketahui sebagai pemenuhan syarat pencalonan bagi jalur perseorangan dalam aplikasi Silon.

Model pertama, sebutnya, adalah model B.1.KWK yakni formulir surat pernyataan dukungan masyarakat dan lampiran fotocopi KTP si pendukung. Kemudian model B.1.1.KWK. Formulir ini adalah tabel rekapitulasi daftar nama-nama pendukung ditingkat kelurahan.  Sedangkan model lainnya yakni formulir model B.2.KWK untuk rekapitulasi nama pendukung tingkat kecamatan. Formulir ini hanya bisa diambil dengan cara unduh dari aplikasi Silon.

Ditekankan, operator kandidat bakal calon independen atau perseorangan nantinya akan memasukkan satu persatu data pendukung ke aplikasi Silon sesuai dengan data dalam formulir B.1.KWK. Nama -nama pendukung ini diketik satu persatu oleh operator ke model B.1.KWK dalam Silon.

Pemginputan data pendukung ke model B.1 KWK dalam Silon menurut Iskandar akan memudahkan proses identifikasi kegandaan dukungan yang terjadi dalam 1 kandidat.“Dukungan ganda KTP terbaca otomatis. Tapi baru sebatas dukungan dalam internal 1 calon,”jelasnya.

Iskandar menambahkan setelah menginput data dukungan, KPU akan mengawali tahapan verifikasi administrasi dan kegandaan dukungan pada 27 Februari hingga 25 Maret 2020. Selain itu, kata dia, akan ada tahapan perekrutan panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada 15 Januari sampai 14 Februari 2020. Sedangkan perekrutan panitia pemungutan suara (PPS) rencananya dimulai pada 15 Februari sampai bulan Maret 2020.(SAM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here