Ketua KPU Palu Agussalim Wahid melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu dr Husaema terkait pelayanan kesehatan bagi penyelenggara pemilu.(ist)

PALU-Komisi Pemilihan Umum Kota Palu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Palu menjalin kerjasama dalam pemberian pelayanan kesehatan bagi penyelenggaran pemilu. Kerjasama ini merujuk pada surat KPU RI nomor 10/PP.04.2-SD/01/KPU/I/2020 tentang koordinasi pemeriksaan dan pelayanan kesehatan bagi panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) dan kelompok panitia pemungutan suara (KPPS).

Dalam surat KPU RI tersebut intinya  pemberian dukungan fasilitas pelayanan kesehatan bagi penyelenggara Pemilu pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020. Surat KPU RI tersebut ditindaklanjuti oleh Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan RI melalui surat edaran nomor HK.02.02/II/5922/2019 tanggal 23 Desember 2019 tentang dukungan layanan kesehatan pada penyelenggaraan Pilkada 2020.

Gayung bersambut, Ketua KPU Palu Agussalim Wahid langsung menindaklanjuti surat tersebut dengan berkoordinasi langsung kepala dinas kesehatan, dr Huzaema, Rabu (15/1/2020).Menurut Agussalim Wahid, cakupan pelayanan kesehatan bagi penyelenggara Pilkada antara lain fasilitas pemeriksaan kesehatan dan narkotika kepada seluruh PPK,PPS dan KPPS. Pihak Dinas Kesehatan Kota Palu sendiri merespon dan menyambut baik kerjasama tersebut.

Pihaknya  akan menyusun rencana kerjasama pelayanan kesehatan dan penunjukan Puskesmas, rumah sakit dalam rangka pelaksanaan pemenuhan persyaratan mampu secara jasmani dan rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkotika. “Jadi, semua ruang lingkup kerjasama merujuk pada naskah kerjasama yang ditandatangani antara Ketua KPU RI dan Kenenterian Kesehatan Republik Indonesia,”tandasnya.

Ditambahkan, hasil penyusunan kerjasama antara KPU Palu dan dinas kesehatan akan segera dilaporkan secara berjenjang  yakni ke KPU Provinsi Sulawesi Tengah kemudian diteruskan ke KPU RI. (sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here