SD PASANGKAYU INCAR ADIWIYATA MANDIRI TAHUN 2020.(EGI)

PASANGKAYU-Setelah ditetapkan sebagai sekolah Adwiyata Nasional 2014 silam, SD PT Pasangkayu mulai berbenah mempersiapkan diri menuju Adwiyata Mandiri.

Kepala Sekolah SD PT Pasangkayu,Ahma SPd menyampaikan pihak sekolah melalui Tim Adwiyata Sekolah mulai serius menggalakkan kegiatan positif yang selaras dengan visi dan misi Yayasan Astra Agro Lestari untuk melahirkan siswa-siswa yang peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup. “SD PT Pasangkayu yang sebelumnya meraih predikat Sekolah Adiwiyata Nasional, kita mulai mempersiapkan diri menuju Adwiyata Mandiri,” katanya kepada wartawan, Kamis (16/1/2020).

Dikatakan,persiapan menuju Adwiyata Mandiri tentu dibutuhkan kerja keras dan kerjasama yang baik antara tim dan seluruh stackholder agar SD PT Pasangkayu bisa mewujudkan target sebagai Sekolah Adwiyata Mandiri.
“Di sekolah kami ada visi sekolah yang berbunyi menjadi sekolah unggul, peduli pada kelestarian lingkungan hidup berbasis pendidikan karakter dan entrepreuneuship. Sementara Misi sekolah tentang lingkungan hidup yang berbunyi menciptakan lingkungan yang mendukung terlaksananya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien, menumbuhkan sikap kepedulian pada kebersihan, kesehatan dan lingkungan hidup kepada seluruh warga sekolah,” paparnya.

Kepsek yang baru menjabat ini, juga menghimbau seluruh pihak-pihak yang berkepentingan soal itu agar bisa mempertahankan prestasi sekolah Adwiyata Nasional bahkan mampu meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi.”Ini juga harus berbanding lurus dengan output lulusan yang lebih berwawasan lingkungan  dalam meningkatkan status sekolah menjadi Adiwiyata Mandiri,” terangnya.

Disebutkan adapun usaha SD PT Pasangkayu untuk meningkatkan status menjadi berpredikat Sekolah Adiwiyata Mandiri dua tahun terakhir ini, selain dengan mempertahankan kondisi internal sekolah, baik itu lingkungan sekolah maupun sumber daya manusia yang ada di sekolah. Usaha pembenahan internal juga terus dilakukan.”Jadi ada beberapa kebijakan baru dalam rangka pembenahan internal lingkungan sekolah. Salah satunya adalah pembentukan karakter segenap civitas akademika di SD PT Pasangkayu,” jelasnya.

Ditambahkan langkah-langkah persiapan yang mulai dilakukan di awal tahun 2020 ini, seperti pengolahan sampah menjadi kompos (komposting), kebijakan penggunaan botol air minum isi ulang oleh siswa yang dibawa dari rumah, pelarangan penggunaan pembungkus plastik pada jajanan di kantin, kebijakan kantin sehat, wirausaha pemeliharaan ikan lele di sekolah.”Pada prinsipanya kebijakan sekolah yang berkaitan dengan lingkungan hidup masih dipertahankan sampai sekarang,” tambahnya.

Sekadar diketahui SD PT Pasangkayu juga mulai membina tiga sekolah sekitar agar supaya bisa meraih predikat adiwayata. Tiga sekolah itu dipilih di Kabupaten Pasangkayu terutama dibeberapa sekolah di ring  satu PT Pasangkayu.”Pembinaan di tiga sekolah ini, menjadi penilaian tersendiri agar kami bisa dinilai menjadi Adwiyata Mandiri,” demikian kata Ahmad.  (EGI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here