Pengurus AFKAB Bangkep menyelenggarakan kursus wasit futsal level 3 di Kota Salakan, 27 Februari-1 Maret 2020.(sam/mediasulawesi.com)

BANGKEP-Asosiasi Futsal Banggai Kepulauan untuk kali pertama menyelenggarakan kursus wasit futsal level 3.Kursus yang berlangsung selama 4 hari ini (27 Februari-1 Maret 2020) di salah satu hotel di Kota Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan diikuti sebanyak 28 peserta.Instrukturnya, Ikwan Budi Laksono yang berlisensi FIFA.

Panitia Pelaksana Moh Rezah Lumu dalam laporannya menyampaikan kursus wasit futsal yang digelar ini merupakan kali pertama sejak AFKAB Bangkep terbentuk tahun 2017 lalu. Reza menyebutkan peserta kursus tidak hanya dari Banggai Kepulauan tapi juga dari Kabupaten Banggai, Banggai Laut, Maluku Utara,Maluku Tengah dan Maluku Tenggara. ‘’Ini merupakan kegiatan pertama kali kami gelar untuk kursus.Meskipun kegiatan seperti turnamen futsal kami sudah gelar beberapa kali,’’ujarnya.

Rezah yang juga Sekretaris Umum AFKAB Bangkep ini menambahkan dengan adanya kursus ini maka Bangkep akan memiliki wasit futsal berlisensi. Setelah sebelumnya juga telah memiliki pelatih futsal berlisensi nasional. Secara khusus, ia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dan sponsorhip yang telah mendukung penuh pelaksanaan kegiatan tersebut.’’Saya berterima kasih kepada pak bupati, sponsorship dan semua pihak yang telah mendukung baik secara materi maupun moril.Termasuk Asosiasi Futsal Provinsi Sulawesi Tengah,’’kuncinya.

Sekretaris Asosiasi Futsal Provinsi Sulawesi Tengah Syamsuddin dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada panitia dan pengurus AFKAB Bangkep yang telah menyelenggarakan kursus wasit.Terlebih lanjut Syamsuddin, kursus wasit ini merupakan yang pertama kali digelar pengurus AFKAB maupun AFKOT di Sulawesi Tengah. ‘’Luar biasa. Salut buat pengurus AFKAB Bangkep. Ini baru pertama dilakukan oleh pengurus AFKAB dan AFKOT di Sulawesi Tengah.Patut diapresiasi,’’tandasnya.

Dengan kegiatan ini, harapnya akan mencetak wasit professional. Selain itu juga akan meningkatkan kualitas SDM pengurus AFKAB Bangkep khususnya dalam bidang perwasitan. Wasit yang berlisensi turut berperan dalam mensukseskan pelaksanaan turnamen futsal di daerah ini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan Rulsi Moidady dalam sambutannya sekaligus membuka kursus tersebut turut mengapreasi kinerja pengurus AFKAB Bangkep yang berhasil menyelenggarakan kursus wasit futsal level 3. Sekkab berharap dari kursus ini akan menghasilkan tenaga perwasitan yang berkualitas dan professional sehingga bisa memajukan olahraga futsal di kabupaten Banggai Kepulauan.

Sekkab meminta kepada pengurus AFKAB Banggai Kepulauan agar menjadikan futsal sebagai cabang olahraga yang terus berkembang dan kelak menjadi salah satu olahraga andalan di daerah tersebut. Apalagi Afkab Bangkep juga sudah memiliki pelatih futsal yang berlisensi nasional.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kadispora, perwakilan Kejari, Kapolres,perwira penghubung Kodim Banggai dan Asosiasi PSSI Kabupaten Banggai Kepulauan.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here