Walikota Palu Drs Hidayat M.Si saat melakukan pengecekan ruangan untuk OTG dan ODP Covid-19.(bim/mediasulawesi.com)

PALU– Walikota Palu Drs. Hidayat, M.Si  melakukan pengecekan kesiapan Pondok Perawatan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertempat di Asrama Haji Palu,Sabtu, (18/4)kemarin.Di Asrama Haji Transit Palu tersebut pemkot menyediakan  36 ruangan yang dilengkapi sarana prasarana umum seperti satu set tempat tidur khusus, dispenser, kipas angin, dan kamar mandi masing-masing.

“Kita siapkan supaya masyarakat kita yang berstatus OTG dan ODP sebaiknya kita rawat. Karena kalau OTG dan ODP hanya dianjurkan isolasi mandiri, saya khawatir kalau dia positif, pasti mereka sudah kontak dengan keluarganya kemudian keluarganya lagi kontak dengan orang lain. Semoga OTG dan ODP kita tidak ada yang positif,” ujarnya kepada media ini.

Orang nomor satu di Palu ini menekankan pendirian Pondok Perawatan ini sebagai upaya menjaga kemungkinan-kemungkinan terburuk dari OTG dan ODP, karena mereka belum pasti positif Covid-19 atau tidak .” Kita lengkapi semua Fasilitasnya,  untuk membuat mereka nyaman selama menjalani masa perawatannya,’’tandasnya.

Bagi keluarga  pasien OTG dan ODP yang masuk Pondok Perawatan, lanjut Hidayat, pemkot akan memberi jaminan hidup berupa sembako dan bahan makanan lainnya selama orang yang bersangkutan dirawat.” Untuk Asupan Gizi serta Makan minum bagi pasien  OTG dan ODP itu nanti akan di distribusikan oleh RSU Anutapura tentunya bahan makan mereka sesuai standar kesehatan,’’terangnya lagi.

Hidayat menambahkan pemkot akan mencari lagi gedung yang dapat dijadikan ruangan Pondok Perawatan OTG dan ODP untuk mengantisipasi jika kemudian hari terjadi peningkatan status pasien covid-19 di kota Palu.” Selain Asrama Haji, kita jiga telah menyiapkan lokasi Pondok Perawatan lainnya di Rusunawa kelurahan Pantoloan, namun kalau masih ada gedung yang bisa kita jadikan ruang Pondok Perawatan OTG dan ODP maka kita akan pakai dan Semua fasilitas kami akan tanggung,” tandasnya.(BIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here