Penulis buku Pandemi COvid-19: Stay Positive,Stay Happy and Healthy, Dr Ir H Kasman Jaya Saad,M.Si (ist)

Palu,mediasulawesi.com-Pandemi Covid-19 alias virus corona yang melanda saat ini harus disikapi dengan bijak. Tak perlu takut atau cemas berlebihan. Masyarakat harus tetap optimis dan tidak boleh kalah dengan virus corona. Namun di sisi lain juga harus terus berikhtiar, stay positive, stay happy dan happy.

Itulah yang menjadi inti makna dari buku yang ditulis dan diterbitkan oleh dua dosen Universitas Alkhairaat Palu, Dr H Kasman Jaya,M.Si dan drg Nita Damayanti,M.Kes. Buku setebal 106 halaman dan terbit April 2020 ini berjudul Pandemi Covid-19,Stay Positive, Stay Happy dan Healthy. Sebuah karya ilmiah yang lahir di saat pandemi covid-19.

Penulis Buku, Dr H Kasman Jaya Saad kepada media ini Sabtu (9/5/2020) menuturkan buku yang ditulis bersama rekannya, drg Nita Damayanti,M.Kes itu sesungguhnya memiliki makna yang tebal dan diharapkan dapat menjadi penyemangat, optimisme dalam menghadapi pandemic global tersebut. Tak hanya di lingkungan masyarakat,lingkungan akademik tapi juga lingkungan keluarga.

Diakui Kasman, pandemic covid-19 telah menggerus sendi-sendi kehidupan masyarakat, termasuk sendi social dan ekonomi. ‘’Tapi kuncinya, kita tidak boleh pesimis. Apalagi kalah dengan virus tersebut. Patuhi imbauan pemerintah untuk tinggal di rumah, jaga jarak dan cuci tangan secara teratur,’’pesannya.

Mantan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Alkhairaat Palu ini menjelaskan jika dalam buku karyanya itu tidak hanya mengulas tentang asal mula virus corona,gejala,penularannya dan upaya pencegahannya. Lebih dari itu, juga memuat tentang bijak hidup dan optimisme tinggi menghadapi pandemic covid-19 serta tips untuk terhindar dari virus mematikan tersebut.

Di penghujung tulisan dalam bukunya, mantan Ketua Panwaslu Sulawesi Tengah ini juga memuat tentang hikmah di balik covid-19. Baginya, pandemic covid-19 memberi hikmah antara lain membuat masyarakat mengintrospeksi diri, bisa berkumpul di rumah,mengalami perubahan perilaku, menghargai kesehatan dan memberikan kesempatan kepada untuk  ‘’istirahat’’.’’sebenarnya masih banyak hikmah yang dapat dipetik dari pandemic covid-19 ini. Namun kita harus percaya bahwa selalu ada rencana baik Tuhan di balik segala kejadian ini,’’pungkasnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here