Sosialisasi Produk Hukum Untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu yang digelar di Santika Hotel, Selasa (11/8/2020) pagi.(sam/mediasulawesi.com)

Palu,mediasulawesi.com-Tahapan pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota Palu terus berjalan.  Untuk pendaftaran pasangan calon walikota dan wakil walikota Palu, pendaftaran akan berlangsung 4-6 September 2020. Masa pendaftaran paslon ini sekaligus dirangkaikan dengan verifikasi syarat pencalonan.

Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tengah Naharuddin SH,MH saat membuka Sosialisasi Produk Hukum Untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu yang digelar di Santika Hotel, Selasa (11/8/2020) menyampaikan melihat jadwal yang ditetapkan KPU tersebut, berarti paslon walikota dan wakil walikota tidak punya waktu banyak. ‘’Ini waktu yang sangat singkat. Hanya tiga hari diberi kesempatan pimpinan parpol beserta koalisinya untuk mengajukan calonnya di KPU,’’tandasnya.

Naharuddin pun mempertanyakan dan menyindir keseriusan pengurus parpol dalam mendaftarkan calonnya. Alasannya, belajar dari pemilukada sebelumnya KPU banyak menghadapi kendala begitu menjelang pendaftaran. ‘’Dokumen B1(Persetujuan)belum ada. Demikian halnya detik-detik terakhir, terjadi proses pengambilan jabatan proses pergantian pengurus . Di Sulteng banyak kasus. Kalau B1 dan surat persetujuan calon dari pimpinan parpol. Ini menjadi syarat pokok,’’terangnya lagi.

Karenanya ia mengingatkan kepada pengurus parpol yang hadir dalam kegiatan tersebut agar nantinya semua urusan yang terkait internal agar segera diselesaikan. Karena begitu pengajuan pendaftaran ditolak pasti akan merepotkan pihak KPU dan Bawaslu. Hal lain yang juga disampaikan terkait persyaratan paslon yang terkait dengan instansi lain . Seperti terkait LHKPN , proses pengurusannya lama . Beruntung, kata dia, saat ini proses penyelesaiannya bisa dilakukan di Pengadilan Tinggi. Kalau sebelumnya dilakukan di Pengadilan Niaga Kota Makassar.

Senada dengan Naharuddin, Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid juga menekankan kepada pengurus parpol yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut agar nantinya betul-betul menyiapkan segala persyaratan dan kelengkapan paslon yang akan didaftarkan di KPU. Disebutkan, pendaftaran dan verifikasi paslon walikota dan wakil walikota sesuai jadwal akan berlangsung mulai 4-6 September.

Dokumen paslon tersebut, lanjut Agussalim nantinya akan diumumkan di laman KPU untuk selanjutkan mendengarkan tanggapan dan masukan dari masyarakat. Tahapan ini akan berlangsung mulai 4-8 September 2020.’’Tahapan pendaftaran ini telah diatur dalam PKPU Nomor 5 tahun 2020. Kita harapkan semua tahapan ini nantinya berjalan dengan aman dan lancar,’’harapnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here