APK dan Bahan Kampanye Pilwalkot Palu tiba Senin (5/10/2020) tiba setelah menempuh jalur darat dari Makassar.(ist)

Palu,mediasulawesi.com– Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) pemilihan walikota dan wakil walikota Palu Tahun 2020 akhirnya tiba di Palu, Senin (5/10/2020) siang. APK tersebut terdiri dari umbul-umbul, baliho dan spanduk. Sedangkan Bahan Kampanye terdiri dari poster, famplet,brosur dan selebaran (flyer).

Ratusan ribu lembar APK dan BK pemilihan walikota dan wakil walikota Palu tiba di Palu melalui jalur darat. Sejumlah aparat kepolisian mengawal logistic tersebut. Rencananya, Selasaa (6/10/2020 esok, APK dan BK yang dicetak di Makassar tersebut akan diserahkan ke petugas penghubung (LO) masing-masing pasangan calon walikota dan wakil walikota.

Ketua KPU Kota Palu Agussalim Wahid kepada media ini Senin (5/10/2020) malam menyampaikan sebagian besar APK dan BK untuk pemilihan walikota dan wakil walikota Palu sudah tiba. Ia menyebutkan untuk APK bahkan sudah mencapai seratus persen. Sedangkan untuk Bahan Kampanye belum 50 persen. Adapun sisanya dijadwalkan tiba Rabu (7/10/2020) lusa.‘’Jadi untuk APK sudah lengkap seratus persen sedangkan untuk bahan kampanye basih belum mencapai setengahnya. Rencana besok pagi akan dilakukan penyerahan APK dan BK ke masing-masing petugas penghubung masing-masing paslon,’’tandasnya.

Agussalim menyebutkan dalam PKPU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 4 tahun 2020 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota pasal 23 disebutkan bahwa KPU kabupaten/Kota memfasilitasi pelaksanaan metode penyebaran Bahan Kampanye dan pasal 28 menyebutkan KPU Kabupaten/Kota memfasilitasi pencetakan baliho, umbul-umbul atau spanduk.

Ditekankan, dalam pemasangan APK dan BK kami meminta agar semua Pasangan Calon dan tim Kampanye memperhatikan tempat-tempat yang telah diatur mana yang dibolehkan dan yang dilarang memperhatikan etika, estetika dan keserasian dan menjaga keamanan lingkungan serta menjaga kepentingan umum sehingga dalam pemasangan APK dan penyebaran BK tidak ada lagi yang melanggar berdasarkan Keputusan KPU Kota Palu Nomor 190/PL.02.4-Kpt/7271/KPU-Kot/IX/2020 tentang Penetapan Lokasi pemasangan APK dan Penyebaran Bahan Kampanye dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here