Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Pasangkayu, kembali menyerahkan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga Desa Batu Oge Kecamatan Pedongga, Kamis (12/11/2020). (egi/mediasulawesi.com)

Pasangkayu, mediasulawesi.com – Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Pasangkayu, kembali menyerahkan Sertifikat  Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga Desa Batu Oge Kecamatan Pedongga, Kamis (12/11/2020).

Sebanyak 169 sertifikat tersebut, diserahkan langsung oleh Kepala Kantah Pasangkayu, Sukidi A.Ptnh., M.H yang didampingi Kepala seksi pengadaan tanah pak Zulkifli Ali, disaksikan Kepala Desa Batu Oge, Bhabinkamtibas, Para Kepala Dusun, tokoh masyarakat, dan warga penerima sertifikat. Dalam sambutannya, Sukidi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga di Batu Oge atas dukungan dari Pemerintah Desa menyukseskan program PTSL.

Diharapkan agar sertifikat yang dibagikan bisa dimanfaatkan dengan baik utamanya dalam kegiatan yang bernilai ekonomis. “Dengan adanya sertifikat tanah ini, rentunya akan mendorong pertumbuhan perekonomian di Sulawesi Barat khususnya di Pasangkayu dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnha.

Dalam kesempatan itu, mewakili seluruh jajaran Kantor Pertanahan, Sukidi memohon maaf maaf karena target PTSL yang awalnya 500 bidang tanah yang akan disertifikatkan namun karena Pandemi Covid-19 pemerintah pusat mengambil kebijakan untuk refocusing anggaran termasuk kegiatan PTSL sehingga target PTSL di Desa Batu Oge menjadi 187 bidang.

Senada dengan itu, Kepala  Seksi Pengadaan Tanah Zulkifli Ali, menekankan kepada penerima sertifikat agar menjaga dan merawat sertifikat tersebut agar tidak rusak apalagi hilang.”Karena proses penggantian sertifikat jika rusak/hilang cukup menyita waktu dan biaya begitupun tanda batas yang telah ditetapkan saat pengukuran dilaksanakan agar dijaga dengan baik karena dikhawatirkan akan timbul sengketa batas,” pesannya. (egi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here