Hasil survey Lembaga Survey Trans Data menyebutkan pasangan calon Hadianto Rasyid-reny Lamadjido raih 31 persen suara dalam pilwalkot Palu (sam/mediasulawesi.com)

Palu,mediasulawesi.com-Lembaga survey Trans Data merelease hasil survey pasangan calon walikota dan wakil walikota Palu periode 2020-2025, Rabu (2/12/2020) siang. Dari hasil survey tersebut, pasangan Hadianto-Reny Lamadjido unggul 31 dari tiga pasangan lainnya. Termasuk petahana, Drs Hidayat M.Si yang hanya meraih 17,8 persen.

Kepada wartawan di salah satu café di Jalan Emmy Saelan Kota Palu, Direktur Trans Data  Iksan Sarifuddn didampingi para tim pemenangan Hadianto Rasyid-Reny Lamadjido membeberkan hasil survey yang dilakukan lembaganya selama periode 19-21 Oktober 2021 ini. Survey tersebut melibatkan 1200 reponden dengan margin error kurang lebih dua persen.

Hasilnya, pasangan nomor urut 2, Hadianto Rasyid-Reny Lamadjido memperoleh suara tertinggi yakni 31,4 persen. Disusul pasangan nomor urut 3, Drs Hidayat,M.Si-Habsa Yanti Ponulele dengan raihan suara 17,8 persen. Disusul pasangan nomor urut 4 (Imelda Liliana Muhidin-Arena J Parampasi) dengan perolehan 16,1 persen dan pasangan nomor urut 1 (Aristan-Wahyudin) dengan perolehan suara 15,3 persen.

Adapun yang belum menentukan pilihan (undecided voters) , lanjut Iksan, sebanyak 19,4 persen. ‘Jadi masih ada 19 persen lebih pemilih yang belum menentukan sikap. Ini tentunya menjadi peluang bagi pasangan calon untuk memaksimalkan timnya dalam menggarap sisa suara tersebut,’’jelasnya.

Iksan menegaskan jika tidak terjadi hal yang luar biasa termasuk tsunami politik, maka dengan mengacu pada hasil survey tersebut hampir pasti pasangan Hadianto Rasyid-Reny Lamadjido yang diusung Partai Hanura dan PKB tersebut tampil sebagai pemenang dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Palu yang digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Ia menambahkan, hal yang terpenting ditunjukkan dalam survey tersebut adalah pola tingkat keterpilihan kandidat yang terlihat pada beberapa survey hingga survey terakhir menjelang pemungutan suara sebagai basis penting untuk membaca potensi kemenangan dan kekalahan kandidat.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here