Protes yang dilakukan Kepala BPD Bolano beberaoa waktu lalu terhadap Kepala Desa Bolano.(ist)

Bolano,mediasulawesi.com-Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  Bolano, Kecamatan Bolano, Kabupaten Parigi Moutong Amrin Pakaya, marah dan berontak karena Pemerintah Desa dinilai telah merekrut aparat tidak sesuai dengan Peraturan Bupati, serta tidak berkoordinasi dengan pemerintah terkait, Rabu (13/01/2021). Yang membuat Ketua BPD kesal, karena pemerintah Desa memaksakan kehendak atas dasar kewenangannya untk melantik tetapi mengabaikan Perbup No 31 tahun 2017.

Ketua BPD Bolano, Amrin saat di konfirmasi melalui via Whatsapp Rabu (13/1/2021) malam mengaku telah melakukan upaya koordinasi agar pemerintah Desa melakukan perekrutan sesuai Perbup. Pemerintah desa dinilai telah mengabaikan perintah perbup dan memilih melawan perbup karena merasa kewenangannya lebih besar sebagai Pemegang kekuasaan.”Janganlah semena mena terhadap masyarakat, hanya karena kekuasaan oleh kelompok kecil, kalian semaunya menggunakan wewenang atas dasar jabatan dan merusak tatanan sistem hukum yang ada, ” tegasnya.

Dia berharap, agar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) memberi pembinaan kepada pemerintah agar tetap mengacu pada peraturan yang ada. Sejumlah warga juga berharap demikian, karena masyarakat pun tak bisa berbuat apa apa lagi, hanya memberikan dukungan kepada BPD agar bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Salah seorang warga Desa Bolano,Fandi juga menilai jika pihak BPD sudah benar, sebab  degan cara seperti ini pemerintah Desa bisa membuka telinga untuk mendengar masyarakatnya dan membuka mata  untuk melihatyang baik dan benar.

Kepala Desa Bolano, Fiskal Angila yang dikonfirmasi media ini menampik semua tudingan dari Ketua BPD tersebut. Menurut Fiskal, mutasi sekretaris desa itu sudah sesuai dengan prosedur. Ia sudah mengkonsultasikan ke Camat Bolano.’’Jadi saya sudah konsultasikan masalah ini ke pak Camat dan diserahkan kepada kepala desa karena ini kewenangan kepala desa. Sekdes lama sudah menyatakan siap ketika saya sampaikan mutasi tersebut,’’ujar Fisal melalui pesan singkat telepon selulernya.

Fiskal menambahkan dalam pelantikan beberapa waktu lalu itu, dihadiri Camat Bolano dan disampaikan kalau mutasi jabatan tersebut sudah sesuai dengan prosedur.(SUGI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here