Ketua DPRD Kota Palu,Iksan Kalbi.(ist)

Palu,mediasulawesi.com – Pesta demokrasi di Kota Palu baru saja usai. Pasca pemilihan walikota dan wakil walikota yang digelar 9 Desember 2020 ini, situasi kota Palu tetap aman dan kondusif.Tak ada reaksi atau gejolak dari kelompok ataupun pendukung calon yang kalah. Semua berbesar hati menerima hasil tersebut.

Ketua DPRD Kota Palu Moh. Ikhsan Kalbi, dalam keterangan resminya, Senin 19 januari 202 tetap  meminta masyarakat tetap tenang dan terus menjaga Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan tidak mudah terprovokasi, serta selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.“Meski ada gugatan ke MK yang diajukan dari salah satu Paslon, tetapi Pilkada sudah selesai. Mari kita sama-sama menjaga situasi dan kondisi Kota Palu agar tetap aman dan kondusif,” ucapnya.

Ikhsan Kalbi juga meminta semua pasangan calon (paslon) dan pendukung tetap menjaga kerukunan dan ketertiban di Kota Palu.Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palu telah menerima Akta Registrasi Perkara Konstitusi (ARPK) nomor 95/PAN.MK/ARPK/01/2021 dari Makhkamah Konstitusi (MK) RI, Senin 18 Januari 2021.

Gugatan tersebut diajukan Walikota dan Wakil Walikota Palu Tahun 2020, Nomor Urut 3 yakni Drs. Hidayat, M.Si. dan Hj. Habsa Yanti Ponulele, ST, M.Si.

Dalam ARPK ini tertulis bahwa, pengajuan gugatan tersebut telah dicatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi Elektronik (e BRPK) Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Tahun 2020, dengan registrasi perkara NOMOR 94/PHP.KOT X1X/2021.“Kita sudah mengimbau untuk sama-sama memelihara situasi Kamtibmas pasca penetapan hasil Rekapitulasi perhitungan suara Pilkada serentak tahun 2020 di Kota Palu dan menjelang pelaksanaan sidang gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Walikota Palu,” ujar Iksan.

Selain itu, Politisi Partai Gerindra ini juga mengimbau agar mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah karena hingga kini masa pandemi Covid-19 belum selesai.

Menurut dia, seluruh wilayah di Kota Palu memiliki tingkat kerawanan yang sama dalam penyebaran virus corona.Untuk itu, dirinya tidak ingin ada klaster baru penyebaran virus corona di wilayah Kota Palu.“Dalam situasi pandemi saat ini, keselamatan masyarakat luas harus diutamakan. Bila tidak diindahkan, kami mendukung aparat kepolisian untuk bertindak tegas kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, dengan selalu memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” tutupnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here