Pemerintah Desa (Pemdes) Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi, kembali menggelar Musyawarah Desa (Musdes) (ist)

Sigi, medisulawesi.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi, kembali menggelar Musyawarah Desa (Musdes) bersama anggota BPD dan masyarakat dengan agenda pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ)  APBDes tahun 2020.Bertempat di Gedung Madrasah Al Khairat Biromaru, Rabu (3/2/2021) lalu, LPJ realisai program anggaran pendapatan dan belanja serta capaian Pemdes Mpanau akhirnya diterima dengan baik oleh masyarakat.

Kepala Desa Mpanau, Sarif, S.Sos, mengatakan bahwa penyampaian LPJ realisasi program APBDes 2020 sudah disampaikan ke masyarakat sebagai bentuk pertanggungjawaban mengelola pemerintahan selama satu tahun terakhir.“Untuk LPJ APBes tahun 2020, kami sudah menggelar musyawarah dan Alhamdulillah diterima di masyarakat,” katanya, Kamis (4/2/2020).

Disampaikan bahwa dalam perjalananya, terkait pembahasan laporan realisasi APBDes 2020 ini, secara marathon dilakukan hingga 3 kali pertemuan. “Sebelum LPJ ini diterima di masyarakat, kami Pemdes Mpanau melaksanakan musyawarah sebanyak tiga kali,” jelasnya.

Dijelaskan bahwa untuk lebih meyakinkan laporan tersebut, maka laporan penyelenggaraan APBDes Tahun Anggaran 2020 juga harus melalui pemeriksaan oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Inspektorat dan BPKP Pemkab Sigi.“Tujuannya, apa untuk meyakini bahwa telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” terangnya.

Selaku Kades, Sarif mengapresiasi warga Desa Mpanau yang telah memberikan sumbangsih pemikiran kepada Pemerintah Desa dalam merealisasikan program-programnya, sehingga kedepannya diharapkan sinergi yang bertujuan membangun Desa Mpanau yang lebih maju dan mandiri. (egi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here