Gubernur Sulteng terpilih H Rusdi Mastura tampil memberikan materi dalam kuliah umum di IAIN Palu.(ist)

“Bapak Rusdi Mastura memiliki gagasan pembangunan daerah yang sangat luar biasa, termasuk dalam pembangunan manusia,” ucap Rektor IAIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd, di Palu, Selasa saat menyampaikan sambutan pada seremonial kuliah umum semester genap tahun 2021.

Rusdi Mastura diberikan kesempatan untuk berbicara dihadapan para doktor dan guru besar di IAIN Palu, tentang membangun Sulawesi Tengah yang maju serta strategi implementasinya.

Kata Prof Sagaf, civitas akademik IAIN Palu perlu mencermati dan mendalami serta menindaklanjuti gagasan pembangunan oleh Rusdi Mastura.Hal itu agar, ketika Rusdi Mastura telah dilantik sebagai Gubernur Sulteng dan menjalankan programnya, maka IAIN Palu bisa bersinergi, demi menopang dan mengembangkan daerah Sulteng.

Rektor menguraikan, salah satu gagasan Rusdi Mastura ialah mengenai pendidikan vokasi, yang digagas karena melihat besarnya potensi sumber daya alam dimiliki Sulawesi Tengah.

Pendidikan vokasi pertambangan, vokasi tentang potensi kelautan dan perikanan serta pendidikan vokasi tentang potensi kehutanan, perlu didalami oleh civitas akademik IAIN Palu, agar IAIN Palu bisa membuka program studi yang dapat menunjang program pemerintah dalam membangun daerah,” kata Prof Sagaf.

Sejak menjadi Wali Kota Palu dua periode, Rusdi Mastura, telah mencanangkan pendidikan vokasi potensi hasil hutan bukan kayu dari sektor kehutanan yakni pengelolaan dan pemanfaatan rotan.”Ini satu peluang yang harus dimanfaatkan oleh IAIN Palu, agar mahasiswa kita bisa memiliki keterampilan, sehingga ketika keluar langsung siap kerja,” sebutnya.

Selain gagasan itu, Prof Sagaf juga menguraikan bahwa, Rusdi Mastura memiliki konsep tentang pembangunan peradaban manusia melaluyi pendekatan agama, dengan memanfaatkan masjid sebagai pusat pembangunan peradaban manusia.”Kita ingin bersinergi dengan program-program yang dimiliki oleh pemerintah daerah, sebagai bentuk upaya dalam memaksilkan pengabdian terhadap masyarakat yang menjadi tuntutan sesuai tri dharma perguruan tinggi,” ungkapnya.(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here