PMI Kabupaten Sigi bekerjasama dengan Palang Merah Irlandia melaksanakan workshop yang dilaksanakan di Meeting Hall Hotel Sutan Raja di Palu, Sabtu, (6/3/2021) pagi.(ferri/mediasulawesi.com)

Palu,mediasulawesi.com- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sigi bekerjasama dengan Palang Merah Irlandia melaksanakan program livelihood bagi korban bencana gempa bumi,28 September 2018 lalu. Kerjasama sama itu ditandai dengan kegiatan workshop yang dilaksanakan di Meeting Hall Hotel Sutan Raja Palu, Sabtu, (6/3/2021) pagi.

Ketua PMI Kabupaten Sigi Agus LAmakarate, M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka workshop tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Palang Merah Irlandia atas bantuan kemanusiaan dalam bentuk program livelihood.’’Kami berterima kasih kepada pihak Palang Merah Irlandia. Masyarakat kami yang tinggal di Camp PMI sudah sangat lama menantikan moment ini, karena selama ini mereka tidak tersentuh bantuan serupa dari lembaga luar,’’tandasnya.

Melalui program tersebut,lanjut Agus, diharapkan bisa membantu masyarakat kabupaten Sigi yang terdampak bencana gempa bumi dan likuifaksi, 28 September 2018 lalu. Melalui kegiatan tersebut, masyarakat akan diberi ilmu dan keterampilan sesuai kebutuhannya saat ini dan bisa dijadikan modal untuk berwirausaha.

Dijelaskan, program Livelihood dukungan Palang Merah Irlandia akan memfasilitasi warga terdampak yang masih tinggal di Camp Jono Oge dalam bentuk Pelatihan Keterampilan (Vocational Training) dan penyediaan peralatan usaha standar. “mereka akan kami fasiliatasi dengan pelatihan keterampilan sesuai kebutuhan saat ini, seperti pertukangan, menjahit, budidaya ikan lele, mekanik motor dan beberapa kejuruan lainnya. Kami akan komunikasikan hal ini kepada bapak Bupati Sigi agar masyarakat yang sudah dilatih nantinya dapat melakukan usaha berkelanjutan’’ tambahnya.

Sementara itu Project Officer Program Livelihood yang akrab disapa Icad mengatakan ‘’Workshop ini dilaksanakan selama satu hari penuh dengan harapan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan livelihood nantinya memiliki pemahaman yang sama dan mendalam akan program tersebut sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal”. Kegiatan diikuti sebanyak 77 kepala keluarga yang tinggal di camp PMI di Desa Jono Oge, Sigi. Mereka nantinya akan mendapatkan bantuan berupa Pelatihan Keterampilan dan dukungan peralatan berusaha atas dukungan Palang Merah Irlandia. Program ini direncanakan akan berlangsung sampai dengan Oktober 2021.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Koordinator PMI Pusat, Asep Mulaydi yang sekaligus menjadi Fasilitator pada workshop tersebut. Selain itu hadir juga staff Bidang Penanggulangan Bencana PMI Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Markas, Pengurus dan Relawan PMI Kabupaten Sigi. Workshop juga menghadirkan Fasilitator pusat yang memberikan materi dan pemaparannya melalui media daring. (Ferri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here